Kamis, 12 Februari 2015

Bolu Kukus Ketan Hitam

http://delfira-arneldy.blogspot.com/
http://delfira-arneldy.blogspot.com/
Ini salah satu kue favorit keluargaku. you just HAVE TO try it. selain cara buatnya mudah, rasanya hmmm.. lembut dan enak karena dari ketan jadi tidak seperti bolu kapas biasa. agak lebih padat. setelah nyoba beberapa kali dengan takaran berbeda, ini dia takaran yg menurut aku paling pas deeh..

Bahan :
  • 150gr ketan hitam yang telah dijadikan tepung (ada tips dan bagaimana menepung beras ketan hitam dibawah)
  • 50gr tepung ketan putih (aku pake merk rose brand)
  • 150gr gula pasir
  • 4 butir telur ayam (bila telur dari kulkas sebaiknya didiamkan dulu dalam suhu ruangan agar telur mengembang baik)
  • 130 ml santan pasta (kira-kira pake kara yg segitiga 2 buah)
  • 80 ml minyak sayur
  • 1/2 sendok makan SP (pengembang kue)
  • 1/4 sendok makan baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • sedikit tepung terigu untuk olesan loyang
  • sedikit minyak sayur untuk olesan loyang

 Cara Membuat : 
  1.  Kocok dengan mixer kecepatan tinggi telur, pengembang SP, dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna pucat berjejak, 
  2. Sambil menunggu adonan mengembang siapkan dan panaskan dandang yang akan digunakan untuk mengukus. agar dandang sudah siap dan panas saat loyang dimasukan.
  3. Siapkan loyang yang akan digunakan, oleskan minyak sayur secara rata keseluruh permukaan dan taburkan tepung terigu tipis dan rata. loyang yang saya gunakan kira-kira diameter 22cm
  4. Kurangi kecepatan mixer, lalu masukan 2 jenis tepung ketan bergantian dengan minyak sayur dan santan instan. Lalu tambahkan garam, dan baking powder. Kocok kembali dengan kecepatan tinggi hingga adonan tercampur rata.
  5. Tuangkan adonan kedalam loyang yang telah disiapkan, masukan loyang kedalam dandang yg telah dipanaskan. ikat tutupan dandang dengan kain agar uap air tidak menetes ke adonan.
  6. Kukus selama 30-45 menit dengan api yang sangat kecil yaa.. agar adonan permukaannya tidak bergelombang. 
  7. Angkat dan dinginkan dulu adonan sebelum diangkat, lalu siap disajikan.
Tips and trik :
*tepung ketan hitam termasuk susah dicari, tapi kalo beras ketan hitam cukup banyak. jadi aku kalo mau buat kue ini biasanya bahan tepung ketan hitam aku siapin sehari atau dua hari sebelumnya terus sekali bikin tepung itu langsung banyak aja, sisanya bisa disimpan. Untuk membuat tepung ketan hitam, cuci bersih beras ketan lalu kita rendam dulu beras ketan hitam 1-2 jam selanjutnya tiriskan hingga benar-benar kering. karena buatnya sekalian banyak aku bawa aja ke pasar untuk dibuatkan jadi tepung, ada loooh di pasar tempat membuat dan menghaluskan beras supaya jadi tepung. ga lama kok 10-15 menit kemudian jadi deeh.. sampai dirumah keluarkan tepung dan angin anginkan di tampian beralas, klo bisa malah dijemur dipanas matahari agar benar-benar kering. lalu bisa disimpan di dalam pastik untuk siap diolah. kenapa ga pake blender, karena satu. lama, dua. pernah nyoba hasilnya blender jadi panas dan rusak deeeh ga bs muter hahaha^^. tapi di jamin worth it banget sama rasa jg hasilnya. 
*Oia, jangan ngintip-ngintip adonan yaa waktu lagi dikukus.. alias dibuka tutup agar ga jadi bantet. moga manfaat tips nya.

Selamat Mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar